Disporapar Jateng adakan Famtrip bertemakan Jateng On The Spot dengan memperkenalkan penerapan Protokol Kesehatan saat berwisata

November 14, 2020


Jujur, rasanya kangen banget dengan agenda piknik, pergi mencari tempat wisata baru, kumpul bareng temen, nongkrong rame-rame, explore kuliner yang belum pernah dicoba secara bebas. Semuanya bikin kangen. 
Haaaaaaaah..... Rasanya ingin teriak dan bilang, kapan semua ini berakhir ya Tuhaaaan..... 
Biasanya dalam sebulan ada aja agenda untuk piknik, entah itu sekedar main ke gunung, explore wisata di kota sendiri atau hanya kulineran bersama teman-teman. 

Akibat masa pandemi seperti ini, membuat semua agenda piknik yang sudah direncanakan matang-matang terpaksa digagalkan demi kebaikan bersama. Menjaga diri di masa pandemi seperti ini memang menjadi hal utama dibandingkan hanya sekedar memikirkan kesenangan sesaat dengan berwisata. Kita pastinya tidak asing lagi dong dengan tagline dirumah aja.

Sembilan bulan sudah berlalu, saya dan semua orang yang terdampak covid 19 ini tidak bisa berwisata kemanapun yang kita inginkan. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai berbenah dan berusaha bersahabat dengan keadaan seperti sekarang ini. Dari situlah mulai muncul ide adaptasi kebiasaan baru yang lebih dikenal dengan Era New Normal yang diterapkan oleh pemerintah. Ada batasan kegiatan dalam melakukan aktivitas setiap harinya, termasuk berwisata. Dan semua orang diwajibkan melakukan 3 M ( Menggunakan Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak) dimanapun kita berada.

Ngomongin piknik, Di Era New Normal seperti sekarang ini, mulai banyak tempat wisata yang awalnya sempat ditutup untuk mencegah menambahnya klaster baru covid 19, kini sudah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh tim satgas Covid 19, dan tentunya sudah mendapatkan ijin operasional dari satgas covid 19. 

Nah minggu lalu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah mengajak beberapa orang untuk mencoba tempat wisata di Jawa Tengah yang sudah mendapatkan ijin operasional oleh tim satgas covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup baik, sehingga aman bagi pengunjung saat berwisata. Dengan mengusung tema Jateng On The Spot, Disporapar Jateng adakan Famtrip keliling Kabupaten Semarang dan Magelang selama 3 hari 2 malam.

Kebetulan saya menjadi salah satu peserta dalam acara tersebut. Dengan senang hati dan rasa gembira, saya yang haus piknik, sayapun mengiyakan ajakan tersebut. Secara, yekaaaaan...... Kita sudah lama banget nih nggak piknik. Sekali diajak piknik langsung di iyakan, apalagi ke tempat-tempat wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Lagi pandemi kok jalan-jalan sih? Nggak takut apa kalau kena virus covid 19 dan bla bla bla....
Eits jangan emosi dulu bang ye.....

Maka dari itu kita diwajibkan untuk cek kesehatan sebelumnya dan selama kegiatan Jateng On The Spot kita semua diwajibkan Mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, Wajib memakai masker dan menjaga jarak. Kita selalu diingatkan oleh tim dari Disporapar Jateng agar selalu menerapkan 3 M selama famtrip berlangsung. Jadi, insya Allah aman.

Dalam mengikuti acara famtrip dimasa pandemi seperti ini, saya pun berusaha menerapkan 3 M secara mandiri tanpa harus menunggu aba-aba dari tim Famtrip. Bahkan dari sekian banyak peserta yang diajak, pun sudah menyadari akan hal itu. Maka dari itu saya merasa safety dan siap untuk lanjut mengikuti kegiatan famtrip yang bertema Jateng On The Spot.

Sebelumnya peserta diminta untuk cek kesehatan terlebih dahulu untuk mengecek kondisi kesehatan masing-masing agar dalam berwisata nanti tidak mudah terpapar virus covid 19. Dan semua peserta diwajibkan membawa hasil uji cek kesehatannya masing-masing sebagai tanda bukti bahwa yang bersangkutan dinyatakan sehat wal afiat.

Akibat pandemi yang sudah berjalan selama sembilan bulan, kunjungan wisata di Jawa tengah memgalami penurunan yang signifikan. Maka dari itu dengan diadakannya famtrip ini, temen-temen yang ikut dalam famtrip Jateng On The Spot ini diperkenalkan wisata di era New Normal dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian bisa menyampaikan melalui online dan offline, bahwa beberapa tempat wisata di Jawa Tengah mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup baik dan telah memiliki ijin operasional oleh tim satgas covid 19. Dengan begitu, wisata di Jawa Tengah dinyatakan cukup aman dan kembali berkembang seperti sebelumnya. Dan berharap bisa mendongkrak kunjungan wisata di daerah Jawa Tengah.

Sebenarnya dalam menjaga kesehatan disaat pandemi sepertu ini, bisa dimulai dari diri kita sendiri dengan selalu menerapkan 3 M dimanapun kita berada, sehingga cukup safety bagi kita saat berkunjung ke suatu tempat wisata. Bagimana semua ini akan berakhir kalau diri sendiri saja tidak mau melakukan protokol kesehatan secara ketat yekaaan....


Perjalanan dimulai hari sabtu pagi dengan titik kumpul di kantor Disporapar Jawa Tengah yang beralamat di Jl. Ki mangun Sarkoro, Semarang, Jawa Tengah. Setelah diadakan briefing dan foto bersama dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker, mulailah perjalanan ke tempat wisata yang sudah direncanakan sesuai itinerary yang dibagikan ke setiap peserta. Rencananya kami akan diajak untuk explore wisata kawasan Semarang-Magelang dengan mengunjungi tempat wisata yang sudah direkomendasikan oleh tim satgas covid 19. 


Cerita selanjutnya cek di sini...



You Might Also Like

2 komentar

  1. Mau tidak mau, kita harus beradaptasi, ya, Mas di masa kenormalan baru ini. Kehidupan harus terus berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kita semua perlu menyadari bahwa kesehatan itu sangat penting dan wajib hukumnya menjaga diri di masa pandemi seperti ini.

      Hapus