Pantai Bondo Jepara, Jawa Tengah

November 13, 2014

[caption id="" align="aligncenter" width="1000"] Pantai Bondo Jepara[/caption]

Opo Kek Blog - Jepara merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak pantai dengan keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Pantai yang ada di jepara kebanyakan berpasir putih dan hanya ada beberapa saja yang berpasir hitam. Beberapa pantai di Jepara yang pernah saya kunjungi diantaranya : Pantai Bandengan, Pantai Teluk Awur, dan Pantai Benteng Portugis. Nah tujuan mbolang saya kali ini adalah Pantai Bondo.


Menurut informasi yang saya ketahui, Pantai Bondo merupakan pantai yang belum di kelola oleh pemerintah kota Jepara. Setahu saya, sejauh ini hanya Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Pantai Benteng Portugis yang di kelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Ini semua bisa dilihat dari kebersihan pantai itu sendiri. Anda yang berada di kota Jepara pasti tahu dong di mana lokasi Pantai Bondo? Kalau Anda tidak tahu, jangan ngaku-ngaku orang jepara ya hehehehehe (Just kidding brooh). Pantai Bondo sendiri terletak di Desa Bondo, Kecamatan mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai ini dinamakan "Pantai Bondo" karena terletak di Desa Bondo.


Sudah tahu rute menuju Pantai Bondo belum? (Belom kakak). Silahkan merapat biar tidak nyasar saat ke Pantai Bondo hihihi. Lokasi Pantai Bondo cukup jauh dari perkotaan. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Jepara. Nah dari pusat kota silahkan ambil arah Utara atau ikuti penunjuk arah dan ambil arah Tayu atau Mlonggo atau Bangsri, setelah itu ikuti jalannya. Ketika sudah sampai di Mlonggo kurangi kecepatan laju kendaraan Anda sambil melihat penunjuk arah dan ambil arah Pantai Bondo sesuai penunjuk arah yang di pasang di tepi jalan. Cukup jelas dengan arah yang saya tunjukkan? Ok baiklah.


Mengingat cerita mbolang saya yang kemarin di Air Terjun Grenjengan Sewu (Pati), Jepara merupakan tujuan selanjutnya. Tujuan pertama saya di kota Jepara mengarah ke Pantai Bondo. Pantai ini terlihat sedikit kotor dibandingkan pantai Bandengan saat saya menyambanginya. Ini semakin meyakinkan saya bahwa Pantai Bondo ini memang belum di kelola oleh Pemerintah Jepara. Saya yakin Jika sudah di kelola oleh PEMKAB Jepara pastinya pantai ini lebih bersih dari apa yang saya lihat saat itu.




Beberapa perahu nelayan bergoyang-goyang di bibir pantai akibat terkena ombak pantai ini. Suasana pantai ini agak sepi saat saya berkunjung ke sana. Entah karena mereka takut melihat muka saya atau takut tersaingi dengan muka saya hehehehe (siape elu kak... GR deeeeh). Ternyata itu semua salah, waktu itu kebetulan hujan turun tanpa memikirkan perasaan saya dan wisatawan lain yang ingin menikmati Pantai Bondo :( (hemmm sedih deeeh). Dan itu merupakan penyebab kemungkinan pantai ini sepi waktu itu. Tapi, sepi bukan berarti nggak ramai loh. Buktinya di sini masih ramai waktu saya berkunjung ke Pantai Bondo. Iya ramainya itu karena suara hujan yang begitu deras mengguyur kawasan pantai ini hehehehe.

[caption id="" align="aligncenter" width="800"] Paerahu nelayan hujan-hujanan[/caption]

Di pantai ini sudah tersedia musholla, pemandian umum, penyewaan ban dan penyewaan perahu yang di gunakan wisatawan untuk berputar-putar keliling Pantai Bondo. Anda yang ingin berlibur di Pantai Bondo bisa puas-puasin menikmati Pantai Bondo dengan perlengkapan umum yang sudah tersedia. Eits jangan tanya gratis atau nggak, karena di Indonesia tak ada yang gratis hihihihihi.

[caption id="" align="aligncenter" width="1000"] Perlengkapan Umum[/caption]

Pantai ini cukup adem karena banyak pepohonan di pinggir-pinggir pantai yang bisa digunakan untuk berteduh. Pepohonan di area Pantai Bondo di dominasi oleh pohon pandan. Ada beberapa pohon kelapa yang sepertinya merupakan tanaman yang baru di tanam beberapa bulan atau beberapa tahun lalu.

[caption id="" align="aligncenter" width="1000"] Pepohonan hijau di kawasan Pantai Bondo Jepara[/caption]

Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri (Jepara) maupun mancanegara (Luar Jepara) saat waktu liburan tiba. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang masih gratis, jadi bisa ngirit pengeluaran untuk berwisata. Parkirnya pun bisa dimana saja yang penting menurut Anda aman. Saat saya ke sana tak ada tukang parkir yang mengatur motor-motor agar tertata rapi. Kemungkinan saat musim liburan untuk masuk pantai ini bisa juga di tarik retribusi alias bayar.

Jika anda berkunjung ke Jepara, jangan lupa mampir ke pantai yang satu ini dan nikmati mandi secara jama'ah bersama wisatawan yang lain karena Pantai Bondo merupakan pantai yang dangkal dan berair jernih. Anda tertarik untuk ke Pantai Bondo Jepara. Bisa deh buat wisata keluarga hehehe.  Selamat berwisata di Pantai Bondo. :)

You Might Also Like

23 komentar

  1. Di Indonesia memang jarang ada yang gratisan. Tapi semoga ongkos parkir di Pantai Bondo ini tetap gratis untuk selama-lamanya. Hidup pantai gratis! :D

    BalasHapus
  2. Aaamiiiin ya Allah hihihihihi. Masuk pantainya juga semoga tetap gratis kayak di kuta Bali. Mari berdo'a bersama.. hihihihi

    BalasHapus
  3. Yupz... :) Silahkan mengunjuungi lokasi pantai Bondo

    BalasHapus
  4. Iya broo. Karena belum di kelola oleh Pemerintah setempat.

    BalasHapus
  5. good recommendation, thanks for info. keep posting :)

    BalasHapus
  6. jepara memang banyak panorama indah yang belum dikenal masyarakat indonesia karena kurangnya perhatian pemerintah untuk melestarikan tempat2 wisata tersebut

    BalasHapus
  7. Betul banget tuh. Saya sangat mendukung dan akan bangga mempromosikan wisata Jepara jika Pantai di kawasan Jepara memang benar-benar bersih dan bagus. Semoga pemerintah setempat tergerak hatinya untuk mendongkrak pariwisata di Jepara. Pengunjung juga harus menaati peraturan. Terkadang ulah pengunjung juga membuat lokasi wisata menjadi kotor.

    BalasHapus
  8. Semoga aset ini dirawat sama pemerintah. Lumayan lho untuk menambah apbd daerah..

    Nitip Makanan Khas Jepara Paling Fenomenal

    BalasHapus
  9. Dari dulu udah pengen banget ke Jepara. Ada rekomendasi tempat lainnya?

    BalasHapus
  10. Di Jepara banyak tempat wisata mas. Bisa ke JOP (Jepara Ourland Park), Bisa ke banyak air terjun ada sekitar 10 air terjun di Jepara, atau pantai. Alternatif lainnya bisa ke resort yang berhadapan dengan pantai langsung.

    BalasHapus
  11. Lumayan berkesan...., tapi akses jalan yg ke ombak mati kayaknya perlu diperlebar. ( tahun lalu lho... )

    BalasHapus
  12. Bondo kec. Bangsri apa Mlonggo bro...?

    BalasHapus
  13. Aku malah belum tahu mas tentang pantai Ombak Mati. Deket-deket situ ya?

    BalasHapus
  14. Kalau setahuku, bondo itu ikutnya kecamatan Mlonggo mas. Kalau kecamatan Bangsri masih utaranya.

    BalasHapus
  15. Ada yang bahasa inggi lebih mantab

    BalasHapus